Informasi, Tips And Trik.

Perawatan Kulit Berminyak




Perawatan Kulit Berminyak - Minyak yang diproduksi oleh kulit sebenarnya mempunyai manfaat yang baik. Fungsi minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar pada bawah kulit adalah untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Namun hal ini akan menjadi masalah jika produksi minyak itu menjadi berlebihan diluar batas normal.

Hal-hal yang biasanya menjadi penyebab produksi minyak pada sebum menjadi berlebihan adalah faktor psikologis dan hormonal. Cara merawat kulit berminyak sebenarnya tidak terlalu sulit jika memang dilakukan dengan tepat. Khususnya bagi wanita, ada beberapa hal penting yang harus dipahami dalam perawatan kulit untuk wajah berminyak ini.
1. Pembersih Wajah
Membersihkan wajah secara teratur wajib dilakukan bagi yang memiliki kulit wajah berminyak, setidaknya 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Gunakan susu pembersih saat membersihkan wajah anda, namun jangan menggunakan waslap. Menggosok wajah dengan waslap justru dapat memicu kelenjar minyak untuk berproduksi semakin banyak.

Produk pembersih wajah yang mengandung peroxide, benzoil, salicylic acid, beta hydroxy acid, dan glycolic acid dapat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak. Dan karena tingkat kecocokan setiap kulit berbeda, maka pilih dan gunakan produk pembersih yang paling cocok dengan kulit anda. Satu lagi yang perlu diperhatikan, gunakanlah air hangat saat mencuci wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal.\
2. Toner
Pemakaian toner juga sangat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih. Gunakan toner pada daerah wajah yang cenderung lebih berminyak seperti pada "T area" (dagu, hidung, dahi). Hindari pemakaian toner pada daerah yang tidak terlalu berminyak, karena ini dapat membuat area kulit itu menjadi terlalu kering dan terlihat kusam.

3. Masker Wajah
Menggunakan masker wajah juga penting bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak. Gunakan masker wajah secara teratur, namun jangan terlalu sering juga, karena ini dapat menyebabkan iritasi. Fungsi dari masker wajah selain untuk mengurangi minyak pada kulit, juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit. Untuk masker wajah ini, saya menyarankan untuk memilih menggunakan masker wajah alami yang dapat anda buat sendiri di rumah.

4. Kertas Minyak
Kertas minyak adalah 'senjata' wajib bagi anda yang memiliki kulit berminyak. Kertas minyak dapat membantu menghilangkan minyak pada wajah anda dalam sekejap. Karena itu, pastikan untuk selalu menyediakan kertas minyak di dalam tas anda. Agar wajah dapat terlihat tetap segar, anda juga dapat memilih kertas minyak yang sudah dilengkapi dengan bedak tabur.

5. Pelembab Wajah
Walaupun memiliki kulit berminyak, memakai pelembab wajah juga merupakan hal yang penting. Pelembab tidak akan membuat kondisi kulit menjadi semakin berminyak. Pilihlah pelembab wajah yang bebas minyak (oil-free).

 Disamping semua hal yang telah disebutkan diatas, mengontrol tingkat stress juga merupakan cara perawatan kulit yang baik untuk mencegah produksi minyak berlebih yang banyak disarankan oleh para ahli. Luangkanlah waktu untuk relaksasi seperti berlibur, berolah raga, ataupun sekedar kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Perawatan Kulit Berminyak"
Back To Top